Sinopsis Film Oppenheimer (2023): Fisikawan Pengembang Bom Atom

Sinopsis Film Oppenheimer (2023): Fisikawan Pengembang Bom Atom

Film Oppenheimer menjadi film yang sudah sangat dinantikan publik sejak awal produksi pada April 2022 lalu. Christopher Nolan dipercaya menyutradarai film yang diangkat dari kisah nyata ini.


Oppenheimer adalah film adaptasi dari buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer. Buku yang meraih Pulitzer tahun 2006 ini ditulis oleh Martin Sherwin dan Kai Bird. Sementara untuk skenarionya sendiri ditulis langsung oleh Christopher Nolan.

Film disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduseri oleh Christopher Nolan, Emma Thomas dan Charles Roven. Naskah film ini ditulis oleh Christopher Nolan berdasarkan buku American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr. dan Florence Pugh.

Christopher Nolan mengungkapkan bahwa Oppenheimer merupakan film terpanjang yang dibuat dengan durasi mencapai tiga jam. Film terpanjang yang pernah dibuat oleh Christopher Nolan merupakan Insterstellar yang tercatat berdurasi 2 jam 49 menit. Dengan demikian, Oppenheimer bakal lebih panjang daripada film tahun 2014 tersebut.

Pemain Film:

  • Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer
  • Emily Blunt sebagai Kitty Oppenheimer
  • Matt Damon sebagai Leslie Groves Jr.
  • Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss
  • Florence Pugh sebagai Jean Tatlock
  • Benny Safdie sebagai Edward Teller
  • Michael Angarano sebagai Robert Serber
  • Josh Harntnett sebagai Ernest Lawrence
  • Dylan Arnold sebagai Frank Oppenheimer
  • Josh Peck sebagai Kenneth Bainbridge

Sinopsis Film Oppenheimer


Bercerita tentang kisah seorang ilmuan fisika teoretis yang bernama J. Robert Oppenheimer, seorang ahli fisika yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Oppenheimer lahir 22 April 1904, Ia merupakan lulusan Harvard, Cambridge, dan Goettingen.

Dalam film ini, Oppenheimer disibukkan dengan penyusunan proyek Manhattan bersama manajer Laboratorium Los Alamos. Proyek yang sedang mereka susun adalah menciptakan bom atom yang dapat digunakan sebagai senjata penghancur massal.

Proyek ini dilaksanakan di beberapa lokasi rahasia, seperti Hanford Washington, Oak Ridge Tennessee, dan Los Alamos New Mexico.

Proyek Manhattan sendiri terjadi pada era Perang Dunia II. Yakni sebagai pengembangan senjata nuklir. Namun setelah Oppenheimer mengetahui dampak yang diakibatkan oleh bom atom ini, Ia menyesali keterlibatannya.

Oppenheimer pun meminta supaya dilakukan perdamaian saja, karena dampak buruk yang akan terjadi akibatnya. Dampak dari sikapnya tersebut, Oppenheimer diragukan kesetiaannya. Ia pun harus kehilangan jabatan sebagai penasehat pemerintah dalam bidang keamanan.

Bagaimanakah kelanjutan kisahnya? mampukah Oppenheimer menghentikan peledakan bom atom tersebut? Film ini jadwal tayang di Amerika Serikat pada 23 Juli dan dirilis di Indonesia pada 19 Juli 2023

Tag: Film Oppenheimer, Alur Cerita Film Oppenheimer, Review Film Oppenheimer, Sinopsis Film Oppenheimer
Baca Juga

Share This

No comments:

Post a Comment