5 Kunci Sukses Menjadi Seorang Penulis Online

5 Kunci Sukses Menjadi Seorang Penulis Online

Mau tahu rahasia sukses menjadi penulis? Baca ini sampai selesai

Menjadi penulis itu sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan semua orang sebenarnya bisa menulis. Kenapa? Karena menulis adalah cara mudah untuk kita menyimpan data, informasi, serta, berbagi kebaikan, bisnis, berbagi cerita dan lain sebagainya.

Ilustrasi foto Hijaber kekinian

Setiap penulis pasti punya alasan tersendiri kenapa suka menulis. Sungguhpun demikian tidak bisa kita pungkiri, kegiaatan sadar menulis ini memang masih sering kurang mendapat perhatian dari banyak masyarakat.

Padahal, negeri tercinta kita ini, banyak sekali meninggalkan warisan berharga dari karya tulis. Sebut satu saja, kitab Sutasoma, di mana salah satu kutipanya menjadi semboyan Bangsa Indonesia. Bhinekha Tunggal Eka.

Apa yang menjadikan zaman islam pertengahan menjadi zaman keemasan? Adalah banyaknya para Ulama yang melakukan kegiatan menulis. Beberapa diantaranya seperti Imam Safi'i, Al Gazali dan sebagainya.

Bahkan ada beberapa karya santra Agung yang sampai sekarang masih diingat dunia. Sebut saja Mahabarata, Karma Pala dan segala turunanya.

Terlepas dari semua itu, apa sih kunci sukses menjadi penulis? Sebelum saya uraikan satu persatu yang perlu dipahami adalah kata "sukses" itu sendiri. Tentu saja setiap orang punya devinisi sendiri apa itu sukses.

Karena sukses menjadi penulis, tidak bisa sekedar diukur hanya materi saja. Ada nilai-nilai di sana. Ada kebanggaan dan juga bisa menjadi warisan seperti yang sedikit saya singgung di atas tadi.

Inilah 5 Kunci Sukses Menjadi Seorang Penulis Online

Jika sudah paham apa itu sukses menjadi penulis, maka berikut ulasanya;

1. Suka Membaca

Apapun alasanya, jika Anda ingin menjadi seorang penulis maka harus suka membaca. Sedikit dari pengalaman pribadi, saya dulu adalah orang yang sangat membenci kegiatan menulis. Hingga semua itu berubah saat saya kenal salah satu group facebok terbesar di indonesia saat ini. Yaitu Komunitas Bisa Menulis.

Baca Juga:


Tapi ada hal yang perlu diingat, sekalipun saya malas menulis namun saya sangat gemar membaca. Bahkan pelajaran sekolah belum di ajarkan, sudah saya pelajari lebih dulu. Bisa dikatakan, saat kelas 3 SD, saya hafal sejarah islam untuk pelajaran SMA.

Itu karena suka membaca. Apa saja tidak pilih-pilih, setiap ada waktu senggang hingga saat ini masih suka membaca. Baik itu tulisan sampah ataupun buku-buku best seller.

Menjadi seorang penulis artinya dua kali lebih banyak membaca. Walaupun bukan penulis sekalipun, lewat kegiatan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan. So membaca kebutuhan bagi seorang penulis.

2. Aksi Dulu yang Lain Menyusul 

Masalah utama kenapa banyak orang tidak bisa menulis adalah karena kebanyakan mikir. Takut salah, malu, minder dan sebagainya. Jika hal ini sekarang melanda Anda, reset sekarang juga dari minda.

Kenapa? Tidak ada satupun orang yang semendadak angin bisa langsung menulis. Pasti pernah salah. Pasti pernah malu dan minder. Itu alamiah.

Jadi mulailah berani untuk menulis apa saja. Menulis daftar belanja atau menulis surat cinta ha ha. Intinya mulailah menulis dan jangan kebanyakan mikir.

Hal utama jika ingin sukses menjadi seorang penulis adalah bagaimana bisa jatuh cinta dengan menulis. Jatuh cinta? Cie cie jomblo jangan baper ya.

Cinta itu dari hati naik ke mata. Jika hati sudah cinta maka semua nampak keindahan. Begitu juga dengan kegiatan menulis.

Bukan berarti menulis tidak ada halangan, akan tetapi jika sudah suka terlebih dahulu. Maka semua rintangan lebih menyenangkan.

3. Terus Selalu Belajar

Siapaun orangnya, sekalipun ia adalah penulis hebat. Jika berhenti belajar pasti berujung kegagalan. Ingat dan catat itu baik-baik.

Kenapa ilmu pengetahuan saat ini kemajuaanya begitu pesat? Karena banyak para ilmuwan yang terus dan terus belajar. Begitu pula para penemu besar, mereka belajar dari para penemu sebelumnya. Ada sebagian yang di sempurnakan, ada juga hal yang baru.

Belajar tidak musti hanya yang sukses saja, bahkan dari kegagalanpun harus kita pelajari.

Tahukah Anda, dari 1.999 kegagalan Thomas Alva Adision, menjadi pintu utama banyak penemuan di Eropa pada waktu itu. Dan perlu di ketahui, para penemu besar eropa itu banyak belajar dari para ilmuwan muslim terutama pada zaman islam pertengahan.

Bayangkan, seandaianya para penemu dan tokoh besar itu mereka tidak mau menulis? Tentu akan sulit untuk di pelajari. Apalagi tidak mau belajar? Mungkin kita masih di zaman batu.

4. Nikmati Prosesnya

Kenapa saya begitu menikmati menulis? Karena saya suka. Sekalipun tidak di bayar, saya suka menulis dan sekarang menjadi hobi yang menyenangkan.

Dengan menulis banyak hal yang bisa saya lakukan. Entah itu tulisan fiksi atau tulisan ilmiah bahkan bisnis. Jadi saat tulisan saya mengalirkan pundi rupiah, biasa saja. Bahkan saat tidak ada pun ya biasa saja.

Karena ya memang saya menikmati saat menulis. Paling tidak, bisa untuk di wariskan pada anak cucu dan generasi berikutnya. Agar bisa mereka pelajari nanti apa yang terjadi pada zaman ini.

5. Tetap Fokus pada Hasil Akhir

Seorang penulis tanpa peta yang jelas itu seperti Anda terombang ambing di tengah lautan. Harus punya tujuan yang jelas mau menjadi penulis seperti apa? Dengan begitu belajar menulis Anda akan terarah dan mudah berkembang.

Jika sudah punya peta yang jelas maka fokuslah pada hasil akhir. Tidak usah terlalu sering tengak-tengok. Boleh saja sesekali lihat spion namun tetap fokus pada jalan di tepan.

Kalau tidak? Itu bahaya. Bisa saja Anda menabrak kerbau di jalan. Jangan ngeles power of mama muda ya.

Sekali lagi untuk para pemula, biasankan menulis untuk tidak disingkat. Masa iya kalah sama anak SD?

Kadang-kadang kebiasaan masyarakat ini lucu, termasuk saya. Masih sering menyingkat tulisan. Gak apa-apa asal itu berupa inbox atau chatting. Namun untuk menulis karya, usahakan jangan di singkat ya.

"Apakah menulis bisa menghasilkan profit atau pekerjaan bahkan passion?"

Kerap kali seorang penulis dipandang sebelah mata, terutama pemula dan yang menuju sukses. Padahal menjadi seorang penulis tidak kalah dengan propesional lainya.

Sebut saja seorang blogger yang memiliki profit dari jutaan hingga milyader. Begitu juga dengan penulis best seller.

Era now, menjadi penulis online sangat worth it dikerjakan. Apalagi bagi para mama muda dan single mom yang memilih bekerja dari rumah.

"Bagaimana cara memulai untuk menjadi seorang penulis?"

Ada banyak platform hingga penerbit yang bisa produktif. Saya sendiri lebih memfokuskan pada pemanfaatan digital literasi untuk produktif. Dalam hal ini, menggunakan media sosial. Untuk lebih lanjut, bisa baca di forum blogger dan belajar menulis fiksi.

Diskusi dan Kesimpulan

Menjadi penulis bisa dimulai dari seorang writer dan author. Writer artinya menulis ide atau gagasan orang lain. Menulis buku otobografi, disini seorang writer menjual jasa menulis, Kurasi Konten pada platform dan segala turunannya.

Sementara Author adalah menulis ide milik sendiri atau kreativitas sendiri. Seperti menulis novel, buku dan segala turunannya.

Sahabat bisa memulai menulis dari apa yang disukai terlebih dahulu. Fokus pada satu niche dan kembangkan skills dan tekniknya.

Belajar Bersama Bisa Comunity sendiri sudah banyak mendorong dan menciptakan banyak penulis. Baik lewat platform seperti kaskus kreator, mangatoon dan platform web novel lainya. Khususnya blog Bebeb sendiri.

Bahkan juga menampung penulis lewat bloger, silahkan baca karya-karya penulis Bebeb yang ada di sini. Khususnya forum cerpen dan novel online yang cukup ramai. Semoga ini bisa menjadi motivasi bahwa penulis juga bisa sukses tidak kalah dengan profesi pekerjaan lainya.

Mari belajar bersama dan Terimakasih.
Baca Juga

Share This

No comments:

Post a Comment